Tahun Santo Yoseph
08 Desember 2020 - 08 Desember 2021

By Admin 11 Des 2021, 12:36:59 WIB Outing
Tahun  Santo Yoseph

SANTO YOSEF SUAMI BUNDA MARIA

Semua pengetahuan kita tentang Santo Yosef, suami perawan Maria dan ayah piara Yesus putra Allah bersumber pada 2 bab pembuakaan injil Matius dan injil Lukas. Secara hukum Yosef dianggap sebagai ayah Yesus. Karena Yosef adalah keturunan raja Daud maka Yesus dianggap juga sebagai keturunan raja Daud. Lalu Yesus disebut putra Daud. Yosef dan Maria benar-benar menikah, mereka memiliki hak-hak perkawinan secara penuh satu terhadap yang lain seperti lazimnya suami istri, walaupun mereka sendiri tidak menggunakan hak-hak itu. Secara singkat pada 1937, paus Pius XI (1922 – 1939) mengangkat santo Yosef sewbagai pelindung perjuangan gereja melawan komunisme atheistic. Dan pada 1961, paus Yohannes XXIII (1958 – 1963) memilih Yosef sebagai pelindung surgawi konsili Vatikan II, nama Yosef sendiri mulai dimasukkan dalam kanon misa pada 1962.

Pada abad kedelapan dan kesembilan, 19 maret ditetapkan sebagai hari raya utama santo Yosef. Pada 1955, paus Pius XII (1939 – 1958) memaklumkan pesta santo Yosef pekerja yang dirayakan pada 1 Mei. Pesta ini menekankan martabat pekerjaan dan keteladanan santo Yosef sebagai seorang pekerja dan untuk menyatakan kembali keikutsertaan gereja dalam karya penyelamatan Allah. Maka Yayasan Santo Yosef Medan juga merayakan pesta Santo Yosef pada 8 Desember. Untuk itu ada 6 keterampilan dan 5 sikap dari santo Yosef yang perlu di hidupi Yayasan Santo Yosef Medan yakni :

Enam Keterampilan yang dimaksud adalah:

  1. Menyampaikan gagasan atau ide
  2. Penalaran analisis dan kritis
  3. Teknologi
  4. Berkomunikasi dan kerjasama
  5. Management organisasi
  6. Perencanaan dan perorganisasian

Lima Sikap tersebut yaitu:

  1. Bersatu, beriman
  2. Bertanggungjawab
  3. Taat
  4. Tulus
  5. Bersatu, ulet dan gigih

Hari ini, pesta penutupan tahun Santo Yosep dirayakan oleh Guru dan Pegawai SMP Cinta Rakyat 1 Pematangsiantar pada tanggal 11 Desember 2021. Guru dan Pegawai merayakannya dengan melakukan ibadat di lapangan sekolah. Yang dipimpin oleh Bapak H. Simamora.

Artikel oleh Pak Paulinus Sihombing

Photo oleh tim dokumentasi CR1




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment